Pantas Cocok Buat Sultan, Isi Full Tank Land Cruiser Bakal Habis Segini

Jakarta – Toyota Land Cruiser identik dengan mobil yang cocok buat kaum berkantong tebal. Tak heran, untuk isi BBM full tank aja bakal habis duit segini.
Punya banderol termurah sekitar Rp 2,4 miliaran, mobil sekelas Toyota Land Cruiser jelas menyasar kalangan menengah atas. Ya, SUV gagah ini juga cukup identik dengan mobil yang digunakan para pejabat di Tanah Air. Selain harga yang tinggi, biaya isi BBM-nya juga cukup menguras kantong.


Diketahui dari buku panduan manual Toyota Land Cruiser keluaran terbaru, SUV ini punya kapasitas tangki sebesar 80 liter. Soal jenis BBM-nya dijelaskan hanya boleh menggunakan bahan bakar diesel yang mengandung 10 ppm atau kurang sulfur dengan cetane number dari 48 atau lebih tinggi.

Bahan bakar diesel di Indonesia ada ragam jenis. Bila mengacu pada angka cetane, bahan bakar diesel cetane 48 bisa ditemui pada jenis Biosolar atau lebih tinggi lagi Dexlite (CN 51). Ada juga Pertamina Dex yang memiliki CN 53, Dari sisi kandungan sulfur, solar mengandung sulfur maksimal 2.500 ppm sementara Dexlite maksimal 1.200 ppm, dan Pertamina Dex maksimal 50 ppm.

Sementara itu bahan bakar diesel yang memiliki kandungan sulfur 10 ppm salah satunya Shell V-Power Diesel. Mengutip laman Shell Indonesia, Shell V-Power Diesel sudah mengusung standar Euro 5 dengan kandungan sulfur ultra rendah yakni 10 ppm.


Biaya Isi Full Tank Land Cruiser
Bila menggunakan BBM diesel dengan kandungan ppm rendah, maka pilihannya adalah V-Power Diesel. Shell V-Power Diesel saat ini dijual Rp 17.780 per liter. Untuk mengisi penuh tangki dari nol, maka pemilik kendaraan harus mengeluarkan uang sebesar Rp 1.422.400. Tak jauh berbeda, bila BBM yang dipilih jenis Pertamina Dex dengan harga Rp 17.750 per liter, maka biaya isi full tank sebesar Rp 1.420.000.


Kapasitas tangki Land Cruiser 300 ini sudah lebih kecil dibandingkan versi sebelumnya. Diketahui Land Cruiser 200 lansiran 2020-2022 memiliki kapasitas tangki tanpa sistem tangki bahan bakar cadangan mencapai 93 liter. Sementara bila kendaraan dengan sistem tangki bahan bakar cadangan mencapai 138 liter. Soal jenis BBM-nya, diminta menggunakan minimal 48 atau lebih tinggi. Tak dijelaskan juga mendetail soal kandungan PPM.

Jika Land Cruiser 200 itu diisi penuh dan menggunakan BBM sekelas Dexlite (Rp 16.950 per liter), maka biaya yang dikeluarkan sebesar Rp 1.576.350. Namun bila tangkinya 138 liter, biaya isi penuh dengan Dexlite akan habis Rp 2.339.100. Kendati demikian jika BBM yang digunakan Biosolar yang punya cetane 48, isi penuh tangki Land Cruiser 200 tanpa cadangan tangki akan habis Rp 632.400. Tapi bila dihitung dengan cadangan tangki, pemilik kendaraan bakal merogoh kocek Rp 938.400. https://surinamecop.com Perlu dicatat, simulasi perhitungan di atas berlaku jika pengisian dilakukan saat tangki dalam kondisi kosong hingga penuh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*