Wajah Muram Taman Pesona Pangandaran

Pangandaran – Trotoar dan jalur pedestrian di sekitar Taman Pesona Pangandaran rusak. Selain itu, sejumlah fasilitas seperti tempat duduk dan tempat sampah terlihat tak terawat.
Pantauan detikJabar di Taman Pesona Pangandaran pada Senin (20/11/2023) siang, sejumlah trotoar dan jalur pedestrian di sekeliling taman rusak, bahkan terlihat ada lubang besar. Bahkan di sejumlah titik taman, tempat duduk yang terdapat tempat untuk meng-charge ponsel rusak tak terawat.


Salah satu warga Pangandaran, Irfan Hidayat (45) mengatakan jalan trotoar di Taman Pesona samping Pasar Pananjung memang sudah banyak yang retak, bahkan berlubang. Hal itu menurutnya membahayakan orang yang berjalan kaki di sana.

“Sehingga jika tidak diperbaiki bisa bahaya, apalagi taman pesona ini sering dijadikan lokasi berjualan saat malam hari,” kata Irfan saat berbincang dengan detikJabar, Senin (20/11/2023).


Menurutnya, jalan pedestrian di samping jalan kabupaten yang menjadi salah satu akses dari Bunderan Marlin ke Jalan Nasional Cijulang-Pangandaran ditemukan sudah rusak.

“Bahaya juga sih kalau tidak diperbaiki,” ucapnya.

Akbar, pelajar di Pangandaran, juga mengaku harus hati-hati saat berjalan di trotoar taman pesona. Ia pun berharap ada perbaikan di lokasi.

Jalur pedestrian di Taman Pesona Pangandaran. (Foto: Aldi Nur Fadillah/detikJabar)
“Kan tiap hari kalau mau ke terminal nunggu angkot ke sekolah pasti lewat situ. Harusnya mah sih diperbaiki,” katanya.

Sementara itu, Kepala Bidang Pengelolaan Sampah Limbah dan Peningkatan Kapasitas Lingkungan Hidup DLHK Pangandaran, Wagiso mengatakan terkait kerusakan trotoar dan fasilitas di sana diakuinya belum ada perbaikan. Penyebabnya karena keterbatasan anggaran.


“Ya karena terkait kondisi anggaran, Insya Allah nanti kalau sudah normal dianggarkan,” kata Wagiso saat dihubungi melalui pesan WhatsApp.

Pihaknya meminta waktu untuk perbaikan taman pesona Pangandaran. Namun ia tidak bisa memastikan kapan perbaikan dilakukan. “Kami tidak janji, sesuai kondisi APBD yang ada saja,” cetusnya. https://sisipkan.com/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*