8 Cara Hilangkan Lemak di Lengan, Hempaskan Gelambir yang Bikin Tak Percaya Diri

Jakarta – Menghilangkan lemak tubuh yang membandel bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan, terlebih jika lemak tersebut tersimpan di bagian tubuh tertentu seperti lengan.
Lemak lengan yang tidak mudah untuk dihilangkan sering kali membuat seseorang tidak percaya diri. Oleh sebab itu, banyak orang mencari cara efektif untuk menghilangkan lemak pada bagian tubuh tersebut.

Terdapat beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menghempaskan lengan yang bergelambir. Dikutip dari Healthline, berikut adalah 8 cara untuk mengurangi lemak lengan dan menurunkan berat badan secara keseluruhan.

1. Fokus pada penurunan berat badan secara keseluruhan
Spot reduction adalah teknik yang berfokus pada pembakaran lemak di bagian tubuh tertentu, seperti lengan. Meskipun teknik ini populer di industri kebugaran, sebagian besar penelitian menemukan bahwa teknik ini tidak efektif.

Oleh karena itu, yang terbaik adalah fokus pada penurunan berat badan secara keseluruhan dan menggunakan latihan untuk mengencangkan otot daripada menghilangkan lemak.

2. Angkat beban
Latihan resistensi adalah jenis latihan untuk membangun massa otot dan meningkatkan kekuatan. Mengangkat beban adalah contoh yang umum.

Meskipun mungkin tidak menyebabkan hilangnya lemak di lengan secara khusus, latihan ini dapat mengurangi lemak secara keseluruhan dan mengencangkan lengan sehingga terlihat lebih ramping.

Bicep curl, overhead tricep extension, overhead press, dan upright row adalah beberapa contoh latihan yang dapat membantu mengencangkan lengan dan meningkatkan massa otot.

3. Tingkatkan asupan serat
Menambahkan asupan serat ke dalam makanan dapat mempercepat penurunan berat badan dan membantu menghilangkan kelebihan lemak tubuh.

Pasalnya, mengonsumsi lebih banyak serat dapat meningkatkan rasa kenyang untuk mengurangi rasa lapar dan meningkatkan penurunan berat badan secara keseluruhan.

Buah-buahan, sayuran, biji-bijian, kacang-kacangan, dan polong-polongan adalah beberapa contoh makanan bernutrisi dan berserat tinggi yang dapat dinikmati sebagai bagian dari pola makan yang sehat.

4. Tingkatkan asupan protein
Meningkatkan asupan protein adalah cara sederhana lainnya untuk mengendalikan nafsu makan. Pasalnya, protein dapat membantu mengurangi rasa lapar dan meningkatkan rasa kenyang. Hal ini, pada gilirannya, dapat mendukung manajemen berat badan dan membantu mengurangi kelebihan lemak tubuh.

5. Lakukan lebih banyak kardio
Kardio adalah jenis latihan yang berfokus pada peningkatan detak jantung untuk membakar kalori. Latihan ini dapat membantu meningkatkan penurunan berat badan dan pembakaran lemak.

Untuk menghilangkan lemak lengan, lakukanlah olahraga kardio ke dalam rutinitas harian. Penelitian menunjukkan kardio dapat menjadi strategi yang efektif untuk menurunkan berat badan dan dapat meningkatkan massa tubuh tanpa lemak atau lean body mass.

6. Kurangi karbohidrat olahan
Karbohidrat olahan adalah karbohidrat yang telah melalui proses pengolahan, sehingga menghasilkan produk akhir yang lebih rendah dalam beberapa vitamin dan mineral penting.

Biasanya, karbohidrat olahan mengandung kalori yang tinggi tetapi rendah serat, yang dapat menyebabkan kadar gula darah meningkat lebih cepat dan mengakibatkan rasa lapar. Oleh sebab itu, jenis karbohidrat ini dikaitkan dengan kenaikan berat badan dan peningkatan lemak tubuh.

Contoh karbohidrat olahan yang sering kali kurang nutrisi antara lain pasta, roti putih, sereal sarapan, dan bahan makanan kemasan lainnya.

7. Tidur yang cukup
Selain melakukan modifikasi pada pola makan dan olahraga, tidur yang cukup setiap malam adalah faktor penting lainnya yang perlu dipertimbangkan untuk menghilangkan lemak lengan. Beberapa penelitian pun telah menemukan bahwa tidur berperan dalam mengatur nafsu makan.

Tidak tidur dengan cukup dapat meningkatkan rasa lapar dan memperlambat proses penurunan berat badan. Alhasil, lemah di lengan lebih sulit untuk dihempaskan.

8. Tetap terhidrasi
Minum air putih dapat membantu menurunkan berat badan dengan meningkatkan rasa kenyang, mengurangi asupan makanan, dan meningkatkan metabolisme untuk sementara.

Namun, pastikan untuk memilih air putih, teh, atau minuman tanpa pemanis lainnya, bukan minuman dengan pemanis seperti soda atau jus. https://kueceng.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*