Polisi Siaga 1 Usai Kota Bitung Sulawesi Utara Rusuh, Perbatasan Dijaga Ketat

Bitung – Polisi menetapkan status siaga satu usai bentrok massa bela Palestina dengan organisasi kemasyarakatan (ormas) di Kota Bitung, Sulawesi Utara (Sulut). Aparat gabungan juga memperketat pengamanan di perbatasan Bitung demi mencegah keributan meluas.
“Iya kita siaga satu lah malam ini,” ujar Kapolres Bitung AKBP Tommy Bambang Souissa kepada detikcom, Sabtu (25/11/2023) malam.

Tommy awalnya menjelaskan aparat gabungan telah disiagakan dalam rangka pengamanan di sejumlah titik di Bitung. Patroli dalam kota ditingkatkan untuk menjaga situasi kamtibmas tetap kondusif.

“Personel kami sendiri 430, BKO dari Polda Sulut itu terkonfirmasi tadi sekitar 200, sedangkan Brimob-nya masih datang lagi, ada juga teman-teman dari TNI, Marinir,” katanya.

Lebih lanjut AKBP Tommy mengatakan pihaknya telah berkoordinasi dengan Polres yang berbatasan dengan Bitung untuk melakukan penyekatan. Daerah tersebut adalah Minahasa Utara.

“Semuanya ada BKO dari Polda, teman-teman dari TNI, termasuk dari kawan-kawan Polres Polres penyangga mengimbau agar melakukan penyekatan-penyekatan,” katanya.

Massa Bela Palestina Bentrok dengan Ormas
Kapolda Sulut Irjen Setyo Budiyanto sebelumnya menjelaskan bahwa massa terlibat ribut-ribut merupakan dua kelompok ormas. Salah satunya merupakan ormas yang pro terhadap Palestina.
“Itu dari masing-masing pihak yang satu melaksanakan kegiatan untuk peringatan hari ulang tahun yang ke-12, kemudian yang satu lagi kegiatan berhubungan dengan partisipasi aksi (bela) terhadap Palestina. Mungkin karena ada sesuatu dan lain hal kira-kira seperti itu (sehingga terjadi ribut-ribut),” kata Irjen Setyo kepada detikcom, Sabtu (25/11) malam.

Ribut-ribut dua kelompok massa ini terjadi ruas jalan kota Bitung pada sore tadi. Aparat gabungan TNI-Polri lantas turun tangan meredam dua kelompok massa.

“Kondisinya sedang kita fokuskan untuk meredam untuk bisa melakukan calling down, untuk bisa menetralisir supaya permasalahannya tidak semakin meluas,” katanya.

Irjen Setyo enggan berbicara lebih jauh saat ditanya soal dampak ribut-ribut tersebut. Namun dia memastikan situasi saat ini cukup kondusif.

“Sekarang masing-masing pihak kondisinya sudah rata-rata sudah kembali ke rumah masing-masing. Tinggal kita nanti melakukan patroli, meningkatkan pengamanan supaya malam ini mudah-mudahan sampai besok dan seterusnya situasi semakin kondusif dan aman,” katanya. https://tipatkaiganteng.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*