Anies Baswedan Janji Revisi UU KPK agar Bikin Koruptor Jera

Jakarta, CNBC Indonesia – Calon presiden nomor urut satu Anies Baswedan berjanji akan merevisi Undang-Undang KPK jika ia terpilih sebagai presiden. Hal itu disampaikan Anies untuk menjawab pertanyaan panelis Debat Capres 2024 tentang strategi untuk meningkatkan efek jera koruptor. 

“Yang tidak kalah penting UU KPK harus direvisi sehingga KPK menjadi kuat kembali,” ujarnya, Selasa (12/12/2023). 

Anies juga menyebut pentingnya memiliki mekanisme reward bagi masyarakat yang membantu proses pelaporan hingga penyelidikan kasus korupsi. 

“Kita akan punya partisipasi masyarakat sehingga gerakan anti korupsi jadi gerakan semesta yang melibatkan seluruh rakyat.”

Janji Anies yang akan merevisi UU KPK menyiratkan sindiran untuk Presiden Jokowi. Sebab, di era pemerintahan Jokowi-lah KPK dianggap mengalami banyak kemunduran sejak UU-nya direvisi, dan sejak itu pula mendapat banyak kritikan masyarakat karena dipandang sudah kehilangan taringnya dalam memberantas korupsi.

Yang terbaru, Ketua KPK non-aktif Firli Bahuri bahkan ditetapkan sebagai tersangka dalam dugaan kasus pemerasan terhadap mantan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo.  https://perjuangangila.com/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*