Anies Baswedan: Wakanda No More, Indonesia Forever!

Jakarta, CNBC Indonesia – Calon wakil presiden nomor urut satu Anies Baswedan mengambil referensi dari film populer Marvel, Black Panther: Wakanda Forever, saat menyampaikan pernyataan pamungkasnya dalam Debat Capres edisi perdana yang digelar Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada Selasa (12/12/2023). 

Dalam kesempatan itu, Anies secara khusus menyampaikan pesan untuk para anak muda agar memilih pemimpin yang serius, seolah menyindir lawannya Prabowo Subianto yang kerap menggunakan gimmick ‘gemoy’ dalam banyak acara publik. 

“Bagi anak-anak muda, kita semua sadar ini pemilu masa depan. Anda pemilik masa depan. Saya yakin Anda pilih yang serius jadi presiden, bukan yang main-main jadi presiden,” kata Anies.

“Ketika bicara tentang masa depan, maka saya sampaikan kebebasan pendapat dijamin, kita tidak ijinkan orang takut. Maka itu say sampaikan, Wakanda no more, Indonesia forever,” imbuhnya. 

Wakanda merupakan negeri fantasi dalam film Marvel yang menjadi kampung halaman para pahlawan super. Negeri khayalan itu digambarkan sebagai tempat yang rakyatnya sangat menjunjung budaya namun kotanya juga sangat canggih dalam hal teknologi. 

Dari referensi Wakanda yang dipakai, Anies nampaknya ingin memikat para pemilih muda yang baru pertama kali akan berpartisipasi dalam pemilu. Dengan siklus pemilu di Indonesia yang digelar setiap lima tahun sekali, maka kisaran usia pemilih pemula adalah 17-21 tahun.

Menurut data KPU, pada Pemilu 2024 mendatang, dari total Daftar Pemilih Tetap (DPT), sekitar 52 persennya adalah pemilih muda. https://belahsamping.com/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*