Anies Ungkap Bakal Reform Biaya Politik dari Parpol

Jakarta, CNBC Indonesia –┬áCalon Presiden No. Urut 1 Anies Baswedan berjanji untuk mereformasi biaya politik oleh partai politik, sehingga masyarakat mengetahui dengan lebih transparan atas biaya politik setiap partai.

Menurutnya, selama ini biaya politik tidak pernah diperhatikan, sehingga menjadi tidak transparan dan tidak bisa dipertanggungjawabkan.

Parpol perlu mengembalikan kepercayaan ini, Parpol butuh biaya, biaya ini gak pernah diperhatikan untuk kampanye Parpol, ada biaya yang sudah seharusnya dihitung benar, sehingga rakyat lihat bisa dipertanggungjawabkan,” tuturnya saat ditanya panelis kebijakan apa yang akan dilakukan terkait pembenahan tata kelola parpol, pada debat perdana Capres 2024 di halaman kantor KPU, Jakarta, Selasa (12/12/2023).

“Oleh karena itu, kami akan reform biaya politik oleh partai politik,” imbuhnya.

Anies pun menyebut, hal yang perlu diperhatikan saat ini yaitu lebih dari sekedar partai politik, melainkan proses demokrasi yang lebih luas. Dia menilai, ketika bicara demokrasi minimal ada tiga hal. https://sebelumnyaada.com/

“Ssatu adalah adanya kebebasan bicara.. kedua oposisi minim, sehingga besok ujiannya adalah netralitas pemilu.. Ketiga, persoalan sekarang lebih luas dari Parpol, Parpol perlu mengembangkan kepercayaan, Parpol butuh biaya, ini nggak pernah diperhatikan, untuk kampanya Parpol ada biaya,” tuturnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*