Ganjar: Pemerintah Tak Boleh Baperan, Harus Terima Kritik!

Jakarta, CNBC Indonesia – Calon presiden nomor urut tiga, Ganjar Pranowo, menjawab pertanyaan dari panelis debat capres tentang strategi dalam meningkatkan pelayanan publik. Ganjar pamer bahwa, sebagai mantan gubernur Jawa Tengah, dia punya pengalaman selama 10 tahun dalam urusan pelayanan publik. 

Dia mencontohkan, Jawa Tengah punya ‘Lapor Gub!’, sebuah portal pengaduan online yang menjalankan fungsi kontrol publik. Lewat portal itu, rakyat bisa melaporkan kritik, saran, bahkan semua aduan yang terkait dengan pelayanan publik. 

Pemerintah enggak boleh baperan! Pemerintah harus menerima kritik,” ujarnya, saat debat capres, Selasa (12/12/2023). 

Tak mau ketinggalan dari Ganjar, calon presiden nomor urut satu Anies Baswedan juga pamer programnya di Jakarta yang diberi nama JAKI. Mirip seperti punya Ganjar di Jawa Tengah, JAKI adalah portal aduan masyarakat milik DKI Jakarta. 

Untuk memastikan JAKI menjalankan fungsinya, Anies menyebut bahwa setiap pelayanan ada timeline penyelesaiannya. 

“Bila lapor pohon tumbang, semua ada waktunya harus beres. Saya lapor kapan, selesai kapan, dengan begitu standarisasi bisa terjadi,” kata Anies. 

Sementara itu, calon presiden nomor urut dua Prabowo Subianto menyoroti program Kartu Tani milik Ganjar yang menurutnya justru menyulitkan petani dan nelayan untuk mendapatkan pupuk. https://makanapasaja.com/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*