Google Bisa Tahu Semua Kisah Hidup Anda dari HP

Jakarta, CNBC Indonesia – Proyek Google dilaporkan dapat membuat biografi seseorang. Canggihnya, ini dilakukan hanya dengan bermodalkan data di ponsel saja.

Proyek bernama Ellman bertujuan sebagai ‘Pencerita Kisah Hidup Anda’. Laporan CNBC Internasional dari salinan presentasi yang dilakukan Manajer Produk Google Photos dan tim model AI terbarunya Gemini.

Dalam presentasi disebutkan idenya adalah menggunakan menggunakan model bahasa besar atau LLM seperti model AI terbarunya, Gemini. Jadi Ellman akan melakukan seperti mencerna hasil pencarian, menemukan pola di foto, membuat chatbot dan menjawab pertanyaan yang mustahil.

Dalam laporan yang sama disebutkan, penelusuran Ellman mulai dari foto, tag, dan lokasi. Ini menjadi cara proyek tersebut dapat “menuliskan” kisah hidup penggunanya.

“Saat kami melangkah mundur dan memahami kehidupan Anda secara keseluruhan, kisah Anda secara keseluruhan menjadi lebih jelas,” tulis presentasi tersebut, dikutip Selasa (12/12/2023).

LLM yang digunakan dapat mengenali beberapa tahapan kehidupan. Misalnya. kelahiran hingga waktu kelulusan penggunanya.

Terkait chatbot, presentasi itu menyebutkan platform mirip seperti ChatGPT akan berisi informasi soal kehidupan penggunanya. Chatbot dapat menjawab seperti anjing peliharaan, nama dua anggota yang sering ditemui, atau kebiasaan makan pengguna.

Selain itu, Ellman dapat menentukan minat penggunanya berdasarkan tangkapan layar yang disimpan pengguna. Informasi lain yang diketahui seperti situs atau aplikasi favorit.

Laporan ini terungkap tak lama setelah Google meluncurkan Gemini. CNBC Internasional mencatat belum jelas soal rencana Proyek Ellman di masa depan, termasuk apakah akan memasukkan kemampuan tersebut dalam Google Photos atau produk lainnya. https://makcauhai.com/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*