Prabowo Sebut 20 KEK Sebagai Prestasi Jokowi, Di Mana Saja?

Jakarta, CNBC Indonesia –Calon presiden Prabowo Subianto memuji kebijakan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam mengembangkan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK). Menurut Prabowo, KEK mampu menciptakan lapangan kerja dan menopang ekonomi.

“Berarti bapak (Ganjar Pranowo) mengakui prestasi pemerintah Jokowi dalam mengembangkan KEK, mendorong hilirisasi menciptakan lapangan kerja dan mengundang investor-investor ke Jawa Tengah untuk menciptakan pertumbuhan ekonomi yang bermutu dan berkelanjutan,” tutur Prabowo, dalam debat capres putaran pertama, Selasa (12/12/2023).

Prabowo menyampaikan tersebut saat menanggapi jawaban calon presiden Ganjar dalam mengatasi pengangguran. Salah satunya adalah dengan mengembangkan pusat-pusat industri baru, seperti di Batang, Jawa Tengah

Data menunjukkan Jokowi sudah mengembangkan KEK yang sudah tersebar ke 20 wilayah di Indonesia yang punya nilai ekonomi tinggi.

KEKFoto: KEK
KEK

Saat ini terdapat 20 kawasan yang telah ditetapkan sebagai KEK yang terdiri dari 10 KEK Industri dan 10 KEK Pariwisata, yaitu KEK Arun Lhokseumawe, KEK Sei Mangkei, KEK Batam Aero Technic, KEK Galang Batang, KEK Kendal, KEK Gresik, KEK Sorong, KEK Bitung, KEK Palu, KEK MBTK, KEK Nongsa, KEK Tanjung Kelayang, KEK Tanjung Lesung, KEK Lido, KEK Morotai, KEK Likupang, KEK Mandalika, KEK Kura-Kura Bali, KEK Sanur, dan KEK Singhasari.

Melalui 20 KEK yang sudah ditetapkan, KEK mengambil peran dalam mendorong perekonomian nasional dan daerah. Di tengah kondisi ekonomi global yang penuh ketidakpastian, kemandirian ekonomi menjadi salah satu senjata untuk bertahan.

Berdasarkan peta sebarannya, 20 KEK tersebut berada di kelima pulau besar di Indonesia, yakni Sumatera, Jawa, Kalimantan, Sulawesi, dan Papua. Berikut ini daftar 20 KEK yang telah ditetapkan.

1. KEK Arun Lhokseumawe

KEK Arun Lhokseumawe terletak di Kabupaten Aceh Utara dan Kota Lhokseumawe, Provinsi Aceh. Fokus industrinya pada beberapa sektor yaitu energi, petrokimia, agro industri pendukung ketahanan pangan, logistik serta industri penghasil kertas kraft.

2. KEK Sei Mangkei

KEK Sei Mangkei yang berlokasi di Provinsi Sumatera Utara memiliki kegiatan utama berupa industri pengolahan kelapa sawit, pengolahan karet, pariwisata dan logistik. KEK Sei Mangkei difokuskan untuk menjadi pusat pengembangan industri kelapa sawit dan karet hilir berskala besar dan berkualitas internasional.

Dok KEK Sei MangkeiFoto: Dok KEK Sei Mangkei
Dok KEK Sei Mangkei

3. KEK Batam Aero Technic

KEK Batam Aero Technic berlokasi di kota Batam, Kepulauan Riau yang memiliki kegiatan utama sebagai pusat perawatan pesawat terbang, dan kegiatan pendukung di bidang logistik, pabrikasi, dan pelatihan mekanik bersertifikat.

4. KEK Nongsa

KEK Nongsa berada di kota Batam provinsi Kepulauan Riau dan diresmikan dengan Peraturan Pemerintah nomor 68 tahun 2021. Letaknya yang dekat dengan Singapura dan mancanegara membuat KEK Nongsa sebagaientry pointbagi perusahaan IT Internasional, dan industri film dan animasi yang terkoneksi dengan jaringan global.

5. KEK Galang Batang

KEK Galang Batang berada di Pulau Bintan Kepulauan Riau, yang merupakan sentra choke point Selat Malaka. Lokasi KEK Galang Batang mempunyai akses langsung dengan Selat Malaka dan Laut China Selatan.

Galang BatangFoto: Galang Batang (dok. KEK)
Galang Batang

6. KEK Tanjung Kelayang

KEK Tanjung Kelayang ditetapkan melalui Peraturan Pemerintah No 6/2016 dan berlokasi di Pulau Belitung dan KEK termasuk ke dalam 10 destinasi pariwisata prioritas. KEK Pariwisata ini memiliki keunggulan geostrategis, yaitu terletak antara Indonesia dan negara ASEAN yang merupakan target captive market.

7. KEK Tanjung Lesung

KEK Tanjung Lesung dekat dengan atraksi wisata Banten lainnya seperti Kawasan Tua Banten, Budaya Badui dan Debus, Taman Nasional Ujung Kulon, Gunung Krakatau serta wisata kepulauan.

8. KEK Lido

KEK Lido berada di Kabupaten Bogor Provinsi Jawa Barat dan dapat diakses menggunakan kereta api maupun transportasi darat melalui jalan tol. Dengan lahan yang ada, KEK Lido direncanakan untuk dibangun menjadi lokasi wisata dengan berbagai daya tarik, mulai dari theme park kelas dunia, golf course, studio film, music, hinggaretail and dining.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menyaksikan penyerahan salinan Peraturan Pemerintah Nomor 69 tahun 2021 tentang Kawasan Ekonomi Khusus Lido, Rabu (8/9/2021). (Foto: Yogi Prayoga S/Biro Adpim Jabar)Foto: Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menyaksikan penyerahan salinan Peraturan Pemerintah Nomor 69 tahun 2021 tentang Kawasan Ekonomi Khusus Lido, Rabu (8/9/2021). (Foto: Yogi Prayoga S/Biro Adpim Jabar)
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menyaksikan penyerahan salinan Peraturan Pemerintah Nomor 69 tahun 2021 tentang Kawasan Ekonomi Khusus Lido, Rabu (8/9/2021). (Foto: Yogi Prayoga S/Biro Adpim Jabar)

9. KEK Kendal

KEK Kendal bertumpu pada lokasi geografis Kabupaten Kendal, Jawa Tengah yang berdekatan dengan Bandara Internasional Ahmad Yani, Pelabuhan Internasional Tanjung Emas, dan dilewati oleh jalur tol Semarang-Pejagan yang merupakan bagian dari Jalan Tol Trans Jawa KEK Kendal.

10. KEK Gresik

KEK Gresik terletak di kabupaten Gresik provinsi Jawa Timur yang menghadap ke selat Madura, menjadi pusat pengolahan konsentrat tembaga dan emas yang dihasilkan dari ‘Gunung Emas’ di Papua oleh Freeport.

KEK Sanur, destinasi wisata medis di Indonesia.Foto: Dok: Pertamina
KEK Sanur, destinasi wisata medis di Indonesia.

11. KEK Singhasari

KEK Singhasari berlokasi di Kabupaten Malang, Jawa Timur memiliki orientasi geografis wilayah berdekatan dengan Bandara Internasional Juanda Surabaya dan Pelabuhan Tanjung Perak serta terkoneksi dengan ruas tol Pandaan – Malang. KEK ini diproyeksikan menjadi sinergis mengembangkan platform economic digital.

12. KEK Sanur

KEK Sanur terletak di Kecamatan Denpasar Selatan, Kota Denpasar, Provinsi Bali. KEK Sanur ditetapkan melalui Peraturan Pemerintah Nomor 42 Tahun 2022 untuk menjadi KEK Kesehatan dan KEK Pariwisata. Ke depan, KEK Sanur diharapkan dapat mengakselerasi sektor Kesehatan dan juga sektor Pariwisata pada Provinsi Bali.

13. KEK Kura-Kura Bali

KEK Kura-Kura Bali (KKB) yang ditetapkan melalui Peraturan Pemerintah Nomor 23 Tahun 2023. KEK Kura-Kura Bali memiliki dua kegiatan usaha yakni pariwisata dan industri kreatif yang diharapkan dapat mempercepat penciptaan lapangan kerja dan pengembangan wilayah Kota Denpasar, Provinsi Bali serta pengembangan ekonomi wilayah dan ekonomi nasional dapat segera terwujud.

14. KEK Mandalika

KEK Mandalika berada di Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat ini menawarkan wisata bahari dengan pesona pantai dan bawah laut yang memukau. KEK Mandalika memiliki konsep pengembangan pariwisata berwawasan lingkungan dengan pembangunan obyek-obyek wisata dan daya tarik wisata yangselalu berorientasi kepada kelestarian nilai dan kualitas lingkungan hidup yang ada di masyarakat.

Pembalap Motogp berpacu dengan kecepatannya di MotoGP Grand Prix Indonesia di Sirkuit Internasional Mandalika di Kuta Mandalika, Lombok Tengah. (Photo by SONNY TUMBELAKA / AFP)Foto: Pembalap Motogp berpacu dengan kecepatannya di MotoGP Grand Prix Indonesia di Sirkuit Internasional Mandalika di Kuta Mandalika, Lombok Tengah. (Photo by SONNY TUMBELAKA / AFP)
Pembalap Motogp berpacu dengan kecepatannya di MotoGP Grand Prix Indonesia di Sirkuit Internasional Mandalika di Kuta Mandalika, Lombok Tengah. (Photo by SONNY TUMBELAKA / AFP)

15. KEK MBTK

KEK MBTK berlokasi di Kabupaten Kutai Timur, Provinsi Kalimantan Timur dan terletak pada lintasan Alur Laut Kepulauan Indonesia II (ALKI II). Kawasan ini kaya akan sumber daya alam terutama kelapa sawit, kayu dan energi. KEK MBTK diharapkan dapat mendorong penciptaan nilai tambah melalui industrialisasi atas berbagai komoditi di wilayah tersebut

16. KEK Palu

KEK Palu bertempat di Kota Palu, Sulawesi Tengah dengan bisnis utama, yaitu nikel, bijih besi, kakao, rumput laut serta rotan. Namun KEK Palu juga memberikan peluang bagi pengembangan aneka industri lainnya sebagai bisnis pendukung, yaitu industri pengolahan karet, kelapa, manufaktur dan logistik.

17. KEK Likupang

Likupang Timur di Kabupaten Minahasa Utara memiliki orientasi geografis wilayah berdekatan dengan Bandara Internasional Sam Ratulangi dan pelabuhan Bitung. Keunggulan geostrategis wilayah yang dimiliki Likupang Timur yaitu sektor pariwisata dengan tema resor (resort) dan wisata budaya (cultural tourism) serta konservasi alam (wallace conservation).

KEK Tanjung Kelayang. (Tangkapan Layar Youtube Indonesia SEZ)Foto: KEK Tanjung Kelayang. (Tangkapan Layar Youtube Indonesia SEZ)
KEK Tanjung Kelayang. (Tangkapan Layar Youtube Indonesia SEZ)

18. KEK Bitung

KEK Bitung berlokasi di Provinsi Sulawesi Utara dengan fokus pada industri pengolahan perikanan untuk menghasilkan komoditi ekspor. Selain perikanan, KEK Bitung juga fokus pada industri kelapa beserta produk turunannya. KEK Bitung diharapkan mendorong hilirisasi dan mendongkrak daya saing sektor perikanan, agro, farmasi.

19. KEK Morotai

KEK Morotai yang terletak di Pulau Morotai, Provinsi Maluku Utara dengan keunggulan geostrategis yaitu merupakan pulau terluar di sisi timur laut Indonesia yang dekat dengan negara-negara ASEAN dan Asia Timur.

20. KEK Sorong

KEK Sorong yang terletak di Selat Sele, Papua Barat ini memberikan keunggulan geoekonomi yaitu potensi di sektor perikanan dan perhubungan laut. Lokasi tersebut juga sangat strategis untuk pengembangan industri logistik, agro industri, serta pertambangan. https://penganjallapar.com/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*