Prabowo Serang Ganjar Soal Pupuk, ini Faktanya!

Jakarta, CNBC Indonesia – Calon Presiden Prabowo Subianto mengkritik persoalan distribusi pupuk di Jawa Tengah (Jateng) di mana Ganjar Pranowo pernah menjadi gubernur.

Prabowo mengatakan dalam kunjungannya di Jawa Tengah dia mendapat laporan soal kesulitan petani mendapatkan pasokan pupuk. “Mereka mengeluh dengan kartu tani yang bapak luncurkan ini mempersulit mereka dapat pupuk, jadi sebetulnya mereka ingin pupuk pengadaannya disederhanakan,” tutur Prabowo dalam debat Capres 2024 pada Selasa (12/12/2023).

Menanggapi hal tersebut, Ganjar mengatakan persoalan pupuk tidak hanya dialami di Jateng, tetapi juga di daerah lain. “Untuk Pak Prabowo, saya harus mengingatkan bahwa pupuk langka di Papua, Sumatra Utara, dan NTT [Nusa Tenggara Timur] NTB [Nusa Tenggara Barat] Kaltim [Kalimantan Timur],” tegas Ganjar. 

Data Kementerian Keuangan RI menunjukkan alokasi anggaran subsidi pupuk Indonesia sebesar Rp 24 triliun pada 2023. Nilai tersebut memang menunjukkan kenaikan dibanding 2022 yang sebesar Rp 23,5 triliun. Namun, anggaran subsidi pupuk periode 2020-2021 lebih rendah dibanding periode 2015-2021 atau sepanjang 7 tahun sebelum 2022. 

Semakin rendah tingkat alokasi anggaran subsidi pupuk, artinya insentif bantuan pemerintah untuk mengendalikan harga pupuk lebih rendah semakin sedikit dan begitu pula sebaliknya. https://bersiaplah.com/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*