11 Tanda Tubuh Kurang Tidur, Termasuk Sering Terbangun

Jakarta, CNBC Indonesia РTidur adalah kebutuhan tubuh yang wajib terpenuhi dan dilakukan oleh setiap manusia. Sebab, tidur adalah kesempatan bagi tubuh untuk beristirahat dan mengembalikan tenaga setelah beristirahat seharian.

Melansir dari CNBC Make It, American Academy of Sleep Medicine merekomendasikan orang dewasa untuk tidur setidaknya tujuh jam setiap malam. Namun, banyak orang yang tidur bahkan kurang dari lima atau enam jam setiap malam karena terlalu banyak hal yang harus dilakukan dalam sehari.

Maka dari itu, penting bagi seseorang untuk mengenali tanda-tanda tersembunyi yang menunjukkan bahwa tubuh memerlukan waktu istirahat yang lebih. Apa saja? Berikut rangkumannya menurut dokter medis dan ahli gizi, dr. Amy Shah.
1. Anda membutuhkan waktu 30 menit atau lebih dari durasi norma untuk tertidur saat malam hari
2. Anda sering melupakan mimpi saat tidur
3. Tubuh masih merasa lelah ketika bangun pagi
4. Sering merasa lapar dan nafsu makan terhadap makanan cepat saji (junk food) meningkat
5. Sering terbangun tiba-tiba dari jadwal yang seharusnya
6. Sering merasa mengantuk dan lelah sepanjang hari
7. Sering erbangun lebih dari satu kali saat malam har
8. Sering merasa khawatir dan banyak pikiran saat malam hari
9. Mata merah dan bengkak
10. Kantong mata sangat menghitam di pagi hari
11. Emosi tidak stabil, seperti mudah marah, impulsif, cemas berlebihan, hingga sedih.

Guna mengatasi masalah kurang tidur, dr. Shah menyarankan setiap orang untuk sudah berada di tempat tidur antara pukul 9.00 atau 10.00 malam dan menargetkan bangun antara pukul 5.30 dan 7.00 pagi. Ia mengatakan, jadwal tersebut harus dilakukan setiap hari tanpa terkecuali.

“Biasanya, saya selalu tidur siang sebentar selama 20 menit sehingga bisa memiliki energi ekstra untuk beraktivitas,” ujar dr. Shah, dikutip Senin (29/1/2024).

Selain itu, dr. Shah juga menyarankan untuk membatasi konsumsi protein hewani, gula rafinasi, garam, dan lemak jenuh. Sebab, makanan tersebut bisa memicu pelepasan kortisol yang berlebihan. Kortisol adalah hormon yang menyediakan energi melimpah bagi tubuh.

“Sebagai gantinya, konsumsi buah dan sayuran yang dapat meningkatkan ritme produksi kortisol yang sehat agar tidur bisa lebih nyenyak,” sebut dr. Shah. https://kolechai.com/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*