Mau Nikah Bermahar 100 Gram Emas Ala Andika Kangen Band? Ini Tipsnya

Jakarta, CNBC Indonesia РAndika Mahesa, vokalis Kangen Band yang kerap disapa Babang Tamvan dikabarkan baru saja melangsungkan pernikahan dengan Ayu Kartika Agustina. Menurut informasi, mahar pernikahan yang diberikan Andika adalah logam mulia berupa emas seberat 100 gram.

“Mahesa Andika Setiawan bin Suprapto, saya nikahkan dan saya kawinkan anak kakak kandung saya yang bernama Ayu Kartika Agustina binti A. Bahruddin kepadamu dengan mas kawin emas 100 gram dibayar tunai,” ucap wali nikah, seperti dikutip¬†InsertLive.

Seperti diketahui, per tanggal 1 Februari 2024, harga emas batangan untuk ukuran 100 gram mencapai Rp 111.328.000 untuk Antam dan Rp 111.040.000 untuk UBS

Apakah Anda tertarik untuk memberikan mahar tersebut ke calon istri? Jika jawabannya ya dan Anda belum membelinya, maka Anda tentunya harus memeriksa terlebih dulu kondisi keuangan Anda.

Persiapan pernikahan tentu akan memakan biaya, dan perhatian Anda akan terfokus pada berbagai hal. Belum lagi, setelah pesta berakhir maka Anda juga akan dihadapkan dengan meningkatnya pengeluaran sehari-hari.

Besarnya mahar terkadang dipandang sebagai tolok ukur status kedudukan pria, padahal besar kecilnya sebuah mahar tak mempengaruhi syarat sah sebuah pernikahan.

Jika memang Anda memiliki dana menganggur yang cukup banyak dan tidak dialokasikan untuk kebutuhan apapun, sah-sah saja memberikan mahar 100 gram emas. Namun jika Anda memang Anda belum memiliki uang yang cukup tapi bercita-cita melakukan hal ini, maka perhatikanlah hal-hal berikut.

Merencanakan pernikahan sembari nabung mahar

Tentukanlah waktu ideal bagi Anda dan pasangan untuk melangsungkan pernikahan. Ideal yang dimaksud tentu harus didasari dengan persiapan finansial yang matang.

Buatlah perencanaan seputar berapa estimasi biaya yang dikeluarkan untuk akad, upacara adat, maupun resepsi, bila memang Anda berniat menggelar pesta.

Anggap saja, Anda pernikahan Anda dan pasangan akan berlangsung dua tahun lagi dan biaya yang Anda butuhkan mencapai Rp 300 juta. Jika saat ini Anda sudah memiliki tabungan Rp 100 juta yang ingin dialokasikan untuk menikah, maka kekurangan dana pernikahan Anda adalah Rp 200 juta, dan dalam sebulan Anda dan pasangan harus menabung Rp 8,3 juta.

Sementara itu untuk mas kawin emas 100 gram yang harganya tembus Rp 111 jutaan, tak ada yang bisa menjamin harga emas di tahun tersebut akan tetap sama. Bisa jadi lebih rendah atau bisa jadi sudah naik, harga emas tentu akan berfluktuasi sesuai dengan kondisi global.

Agar emas 100 gram terkumpul, Anda bisa membeli emas secara rutin sebesar 5 gram setiap bulannya. Adapun harga emas seberat 5 gram pada 1 Februari 2024 mencapai Rp 5,6 jutaan. Jika hal ini rutin Anda lakukan, dalam bulan ke 20, emas 100 gram sudah Anda miliki dengan catatan harga emas masih sama.

Beli banyak saat harga turun

Membeli rutin adalah strategi yang baik untuk diterapkan, namun Anda tentunya akan lebih beruntung jika membelinya di saat harga sedang turun.

Pantaulah harga emas setiap harinya, dan jika harga turun di bawah harga beli maka jangan ragu untuk melakukan pembelian.

Dalam sebulan, Anda tidak mesti harus menghabiskan uang Anda dengan melakukan pembelian emas 5 gram secara langsung. Anda bisa membagi modal Anda dan membeli setiap pekan dengan memperhatikan harga emas.

Beli emas digital

Emas digital memiliki berbagai keuntungan, salah satunya adalah nilai spread atau selisih harga beli dan buyback yang lebih rendah ketimbang batangan. Setelah terkumpul 100 gram, Anda pun bisa melakukan cetak emas ke bentuk fisik.

Namun Anda juga harus memperhatikan legalitas perusahaan yang menjadi fasilitator emas digital tersebut.

Perusahaan penyelenggara perdagangan emas digital harus berbentuk perseroan terbatas (PT) dan mengantongi izin Bappebti. Bila Anda ingin mencari tahu seputar perusahaan-perusahaan dan perizinannya, Anda bisa memeriksanya di bappebti.go.id/pedagang_emas.

Untuk bisa mendapat perizinan, perusahaan tentunya harus memenuhi berbagai syarat mulai dari permodalan, fasilitas penyimpanan emas minimum, dan lain sebagainya.

Cicil emas

Selain membeli secara batangan atau dengan gramasi kecil lewat platform digital, ketahuilah bahwa Anda juga bisa membelinya dengan cara mencicil. Emas tersebut bisa Anda ambil ketika lunas.

Salah satu keuntungan mencicil emas adalah, Anda bisa mendapat angsuran yang sama meski harga emas sedang naik. Sementara itu emas yang bisa Anda cicil juga bisa dalam berat yang beragam, bahkan mencapai 1 kilogram.

Namun ketahuilah bahwa, ketika harga emas turun maka Anda tentu tidak bisa menikmatinya lantaran ada biaya angsuran tetap. Di samping itu mekanisme yang satu ini tentu tidak jauh berbeda dengan berutang.

Sesuaikan dengan kemampuan finansial

Selalu ingat bahwasannya, kehidupan setelah pesta pernikahan jauh lebih penting daripada biaya gedung, dekorasi, wedding planner, organizer, atau bahkan mas kawin itu sendiri.

Jika memang dalam sebulan uang yang Anda keluarkan untuk mempersiapkan pernikahan dinilai cukup tinggi, maka lakukanlah penyesuaian dengan baik terhadap biaya-biaya yang bakal dikeluarkan nantinya.

Anda mungkin berpikir bahwa sebuah pesta pernikahan adalah selebrasi yang terjadi satu kali seumur hidup, oleh karena itu tak ada salahnya membuat pesta yang bisa dikenang sepanjang masa.

Selama Anda memiliki uang yang cukup, Anda tentu bebas melakukan apa yang Anda inginkan. Namun jika sebaliknya, maka jangan sampai pesta pernikahan yang hanya terjadi sekali ini membuat keuangan Anda berantakan hingga jangka panjang. https://kolechai.com/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*